Sholehah, cantik, dan terlihat anggun dengan balutan busana muslimah dan jilbab yang berstandar syar'i merupakan sosok belahan jiwa yang diimpikan para ikhwan sholeh. Postingan berikut akan membuat para akhwat cemburu, karena kita akan membicarakan siapa Oki Setiana Dewi.


Aktris berjilbab lebar ini memang bikin dada para ikhwan berdetak "dag dig dug duar". Selain kecantikan karena senyum yang khas, dia juga telah membuktikan bahwa dunianya bukan hanya akting saja.  Terbukti, bukunya “Melukis Pelangi” berhasil menjadi best seller hadir di tengah kesibukannya sebagai public figure.

Selain itu ada fakta lain, mungkin sobat pengunjung Birayang-Berbagi akan sepakat jika ane memilih Oki Setiana Dewi (OSD) sebagai jawara untuk senyum terindah sejagat. Karena katanya disurat kabar dunia OSD juga pernah masuk dalam 10 senyum terindah didunia. Ketika ane ketik namanya pada pencarian gambar di Google, kira-kira 90% akan muncul foto-fotonya yang selalu tersenyum. Coba ente lihat sendiri, senyumannya menyejukkan hati serta membuat kita yang melihatnya tidak pernah bosan. Akur?

Memuji makhluk ciptaan Tuhan yang satu ini insyaallah tidak berlebihan jika sesuai dengan proporsinya. Secara terperinci senyuman milik OSD itu memancarkan aura keanggunan, ketulusan, tata krama, keikhlasan, kepintaran, keindahan seorang wanita yang terjaga, sopan santun dalam bertutur kata layaknya orang timur. Right?

Profil Oki Setiana Dewi


Biografi Oki Setiana Dewi
Oki Setiana Dewi, S Hum. atau akrab dipanggil OSD lahir di Batam, 13 Januari 1989. Aktris dan penulis yang merupakan sulung dari tiga bersaudara ini lahir dari pasangan Sulyanto dan Yunifah Lismawati.

OSD menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia pada tahun 2012. Icon aktris muslimah yang telah banyak menginspirasi remaja tanah air ini, tercatat sebagai mahasiswi terbaik dan berprestasi di kampusnya. Diantaranya sebagai mahasiswa baru terbaik OKK UI 2007, mahasiswa baru terbaik PSA MABIM FIB UI 2007, dan mahasiswi berprestasi bidang seni FIB UI 2010. Setelah meraih gelar sarjana, OSD menjadi santriwati program tahfidzul qur'an di Rumah Qur'an, Depok. Dilanjutkan dengan mempelajari bahasa arab di universitas Umm Al-Quro, Makkah pada tahun 2012. Di tahun yang sama, karena kecintaannya pada dunia pendidikan dan anak-anak, OSD melanjutkan studi pascasarjananya di bidang studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Sejak sekolah dasar hingga SMA, OSD meraih predikat juara kelas dan sering mewakili sekolah dalam berbagai macam perlombaan. Ia tak hanya berprestasi di bidang akademik tapi juga di bidang yang lain yang ia raih semasa karirnya. Sebut saja di antaranya Aktis Wanita Terbaik versi Islamic Movie days, Aktris Pendatang Baru wanita terbaik dan aktris pendatang baru wanita terfavorit untuk film Ketika Cinta Bertasbih di Indonesia Movie Awards 2010.


Hidayah Berjilbab
Nama Oki Setiana Dewi tak asing lagi di telinga warga Batam, kala itu. Wajahnya selalu menghiasi media di Batam, termasuk di Batam Pos, khususnya di rubrik Deteksi, kala itu. Namun, Oki tak puas. Gadis sulung dari pasangan Suliyanto dan Yunifah Lismawati itu berkemauan untuk merantau ke Ibukota untuk melanjutkan mimpinya.

Lama, Suliyanto akhirnya mengizinkan putrinya itu merantau sendiri ke Jakarta. Oki pun bahagia. Bunga mimpinya kembali mekar. Namun, setibanya di Jakarta. Oki meringis ngeri. Orang dengan bakat dan kemampuan sepertinya tak hanya satu-dua, tapi banyak. “Saya yang di Batam itu somebody, di Jakarta jadi nobody. Saya yang tadinya hero di Batam, di Jakarta itu zero,” ujarnya.

Bukan Oki namanya, kalau menyerah begitu saja. Ia pun mulai melancarkan jurus-jurusnya untuk dapat menarik perhatian production house di Jakarta. Ia begitu gigihnya menjajal casting di segala tempat.

Di tengah usahanya, Oki mendapat cobaan dengan penyakit yang diderita ibunya. Sebuah penyakit mengerikan yang tak hanya membuat perih si penderita tetapi juga orang yang mendampinginya menjangkiti ibunya. Oki pun bersimpuh dengan menggunakan satu-satunya baju lengan panjang dan kerudung yang ia punya. Disitu, ia bertekad untuk berhijab atau menggunakan jilbab untuk menutup seluruh auratnya.

“Ya Allah, aku tidak menginginkan apa-apa lagi di dunia ini selain kesembuhan ibuku. Dengan inilah aku menutup auratku, semoga Engkau mendengar,” doanya.

Setelah ia resmi berhijab, jerih payah casting-nya menampakkan hasil. Sejumlah production house menghubunginya. Sayangnya, begitu ia mengatakan sudah berhijab, semuanya mencibir dan menyatakan kata-kata pedas.

Oki berjuang keras melawan kata-kata tersebut. Ia tidak peduli dengan segala perkataan orang. Ia tetap pada prinsipnya untuk terus berhijab dan tak sekalipun melepas lembaran kain tersebut. Gadis itu tetap melangkah menggapai mimpi sesuai dengan jalan yang ia yakini benar. Hingga kemudian lowongan casting KCB muncul di hadapannya. Seperti yang kita lihat sekarang, Oki Setiana Dewi sukses memerankan Anna Althafunnisa di film tersebut.


Memiliki Banyak Prestasi
OSD telah membintangi beberapa film dan sinetron yakni : Ketika Cinta Bertasbih 1&2 (2010), Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan (2010), Ketika Cinta Bertasbih Meraih ridho Illahi (2011), dan Dari Sujud ke Sujud (2011). Ia turut mengisi soundtrack untuk film dan sinetron Dalam Mihrab Cinta (2011) dan Dari Sujud ke Sujud (2011). Selain itu, OSD juga telah menulis 3 buku bestseller yang berjudul Melukis Pelangi catatan hati Oki Setiana Dewi (2011), Sejuta Pelangi pernik cinta Oki Setiana Dewi (2012) dan Cahaya di Atas Cahaya(2012). Ketiga bukunya telah di bedah di berbagai tempat di Indonesia dan luar negeri, yakni Malaysia, Singapore, Jeddah dan Makkah, dll.


Aktivis Muslimah
OSD adalah pribadi yang senang mengajar dan belajar. Sejak duduk di bangku SMA, OSD menjadi guru mengaji di TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) untuk anak-anak dan ibu-ibu. Sejak tahun 2009, OSD aktif mengisi berbagai materi kemuslimahan dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Saat ini ia menjadi duta untuk Anak-anak Rumah Autis (2012). Ia pun pernah ditunjuk sebagai duta Internet Sehat dan Aman oleh kementrian Komunikasi dan Informatika 2010.

Bersama komunitasnya Sahabat Oki Setiana Dewi (SOSD / @sahabatosd) yang tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia, OSD memiliki beberapa agenda, yakni DMKM (dari masjid ke masjid), serta program mengajarkan mengaji bertajuk “Yuk Mengaji, Al Qur’an di Hati”, yang telah dijalankan sejak Oktober sepekan sekali, sejak 2011 hingga kini di Lapas/penjara wanita Tangerang.

Bagi sahabat yang ingin mengundang atau bersilaturahim dengan OSD, bisa menghubungi:
Phone : +6281586460000
Email : osd.centre@yahoo.com / osd@okisetianadewi.co.id
Twitter : @oki_setiana
Website : www.okisetianadewi.co.id


Biodata
Nama Lahir : Oki Setiana Dewi
Tanggal Lahir : 13 Januari 1989 (umur 23)
Alamat : Batam, Indonesia
Pekerjaan : Aktris, Penulis
Orang tua : Sulyanto (ayah), Yunifah Lismawati (ibu)
Filmografi:
- Ketika Cinta Bertasbih (2009)
- Ketika Cinta Bertasbih 2 (2009)
Sinetron:
- Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan
- Ketika Cinta Bertasbih Meraih Ridho Ilahi
- Dari Sujud Ke Sujud
- Putri Bidadari (segera)
Penghargaan:
- Pendatang Baru Wanita Terbaik Indonesian Movie Award 2010
- Pendatang Baru Wanita Favorit Indonesian Movie Award 2010

Referensi:
- http://id.wikipedia.org/wiki/Oki_Setiana_Dewi
- http://okisetianadewi.co.id/id/profil

- http://tribunnews.com/2011/04/30/dulu-oki-setiana-dewi-suka-kenakan-pakaian-mini
- http://batampos.co.id/2012/05/14/oki-setiana-dewi-penulis-buku-best-seller-melukis-pelangi-dengan-jilbab-tetap-bisa-berkarya/


0 comments:

Post a Comment

JOIN US