Bagi penikmat lantunan mp3 murottal Al-Qur’an, nama Syaikh Misyari Rasyid Al-Afasy tentu tak asing lagi, apalagi ditelinga para hafidz Qur'an. Suara merdu beliau ketika melantunkan ayat Al-Qur’an membuat mp3 murottal beliau menjadi salah satu mp3 murottal yang paling banyak diburu.


Pesona suara merdu beliau ketika melantunkan ayat Al-Qur’an membuat hati tenang dan terasa adem. Tidak salah jika teman-teman tahfidz Qur'an merekomendasikan untuk mendengarnya. Minggu kemaren ane baru ketemu DVD nya komplit 30 juz, langsung ane copy ke komputer. Subhanallah, iramanya yang memikat dan lantunannya yang mengikat menarik hati siapa saja yang mendengarnya membuat ane jatuh hati dan penasaran ingin mengetahui siapa Syaikh Misyari Rasyid. Berikut ane posting biografi beliau.

Biografi

Nama lengkap beliau Syaikh Mishary Rashid Ghareeb Mohammed Rashid Al-Afasy, lahir pada hari Ahad, 11 Ramadhan 1396 H / 1976 M di Kuwait. Beliau adalah seorang qori', munsyid, hafiz dan imam berkebangsaan Kuwait. Beliau juga imam masjid Al-Kabir di kota Kuwait. Ia yang memimpin dan juga menjadi imam shalat Taraweh pada setiap tahunnya. Ia pernah belajar di perguruan tinggi Al-Qur'an dan juga di Universitas Madinah Al-Munawwarah. Beliau merupakan spesialis dalam masalah Al-Qur'an terutama dalam masalah bacaan. Beliau juga telah mendapatkan sertifikat oleh sejumlah ulama di bidang Al-Qur'an.

Al-Afasy banyak dikenal karena resital Al-Quran dan nasyid yang dilantunkannya. Salah satu nasyidnya yang sangat populer yang berjudul Qolbi Ashghiir (My Small Heart). Beliau juga sering tampil dalam acara pembacaan Al-Quran di televisi-televisi di kawasan Timur Tengah. Bacaan-bacaan beliau bisa kita dapatkan pada youtube dan Mukmin TV.  

Pada tanggal 24 maret, Syaikh Misyari Rasyid melakukan travelling ke amerika serikat dan mengunjungi dua masjid. masjid Islamic Center of Irvine di California, dan masjid ICD (Islamic Center of Detroit) di Michigan.

Beliau membacakan Al-Qur'an pada beberapa syaikh, di antaranya:
  1. Syaikh Al-Allamah Ahmad Abdul Aziz Azzayyat rahimahullah lahir tahun 1907 M. Beliau membaca 30 juz Al-Qur'an dengan riwayat Hafsh Al-Ashim dari jalan syathibiyyah.
  2. Beliau juga membacakan Al-Qur'an pada Syaikh Ibrahim 'Aliy yang lahir pada tahun 1915 M. dan para masyaikh lainnya yang membacakan Al-Qur'an kepadanya adalah Ayaikh Al-Hushary, Syaikh Al-Minsyawi, dan Syaikh Abdul Bashith Abdush Shomad.
  3. Beliau membacakan Al-Qur'an pada Syaikh Abdur Rafi' Ridhwan Aliy As-syarqowy yang lahir pada tahun 1932 M. Beliau membacakan Al-Qur'an secara sempurna dengan bacaan Hafsh An Ashim bin Abi An-Nujud dengan 2 riwayat dari jalan syathibiyyah.
  4. Beliau juga membacakan Al-Qur'an pada doktor Syaikh Ahmad Isa المعصراوي ketua sebuah lembaga Islam di Al-Azhar yang menangani masalah Al-Qur'an. Beliau membaca Al-Qur'an atasnya dengan bacaan Hash An Ashim.
  5. Syaikh-syaikh lainnya yang berasal dari Kuwait, Mesir dan Saudi.

Pada tanggal 25 oktober 2008, Syaikh Misyari Rasyid dianugrahi penghargaan oleh Arab Creativity Union di Mesir sebagai seorang yang paling pertama yang memiliki Creavity Oscar. Even tersebut disponsori oleh Sekretaris Jenderal Liga Negara Arab Mr. Amr Mousa sebagai pengakuan atas partisipasi Syaikh Al-Afasy dalam mendakwahkan ajaran Islam yang damai dan santun dengan memanfaatkan berbagai media.

Pada bulan Agustus 2009 Syaikh Al-Afasy merilis sebuah nasyid yang diberi nama "Ramadhan" dimana ia mengkombinasikan 3 bahasa, Bahasa Arab, Inggris dan Perancis dalam nasyid tersebut. Nasyid tersebut telah tersimpan dan terekam. Video dan nasyid tersebut bisa kita dapatkan di youtube.

Diantara nasyid-nasyid karangan beliau adalah:
  1. Uyoon Al Afaaee (2004)
  2. Laysa Al Gharib (2005)
  3. Haneeni (2006)
  4. Qalbi Sagheer (2007)
  5. Zekrayat (2008)
  6. Ramadan (2009)
  7. Musheer Ahmed Khan (2010)
  8. Illa Salati
  9. Tala Al Badru Alayna

Biodata

Nama asal :   الشيخ مشاري بن راشد العفاسي
Lahir : Ahad, 5 September 1976
Kebangsaan : Kuwait
Status : Menikah
Pekerjaan : Imam, Qari, Khatib, Munshid
Agama : Islam Sunni
Website : www.alafasy.me
Download : www.qaree.com
Diskografi:
- Thalaal Badru
- Inta Miin

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Al-Afasy
http://ms.wikipedia.org/wiki/Mishary_Rashid_Al-Afasy
http://en.wikipedia.org/wiki/Mish%C4%81r%C4%AB_R%C4%81shid_al-%CA%BFAf%C4%81s%C4%AB


1 comment:

  1. Islam Sunni agama dari mana yah? Setahu saya agama Nabi Muhammad SAW itu ISLAM.

    ReplyDelete

JOIN US